Download Firefox untuk Browsing lebih cepat, aman dan nyaman

Kalau kamu suka dengan browsing mungkin sudah kenal dengan Internet Explorer (IE). Itu lho, browser bawaan dari Microsoft Windows. Sayangnya, browser ini lambat banget dan kurang aman untuk browsing di internet (ini berdasarkan pengalaman penulis). Apalagi di IE tidak ada download manager, jadi agak susah buat kita kalau yang suka download untuk me-manage-nya.

Jadi, bagaimana solusinya?

Mudah kok, ganti saja IE kamu dengan web browser si rubah merah Firefox 2. Browser ini memiliki beberapa fitur yang cocok di pakai untuk "surf" di internet.

Fitur Firefox 2
1. Tab Browsing
Kalau kita buka halaman web baru maka secara default akan ditampilkan di TAB. Dan tiap tab punya tombol "close" sendiri, tapi jika kita tidak sengaja meng close tab tersebut, ada cara mudah untuk mengembalikannya yakni dengan pergi ke menu History dan pilih dan pilih "Recently Closed Tab". Kalau halaman web yang kita terlalu banyak maka secara otomatis panah scroll akan muncul disebelah kanan dan kiri TAB. Untuk melihat daftar halaman web yang sedang kita baca klik saja panah segitiga di bagian TAB paling kanan.

firefox tab

2. Spell Checking
Firefox 2 juga dilengkapi dengan fasilitas "spell checking". Suatu program yang akan membetulkan kata-kata yang salah kita ketikan, saat kita mengetik di email atau blogg. Tapi, fasilitas ini untuk bahasa inggris tentunya.

3. Session Restore
Dengan "Session Restore" kita dapat mengembalikan dengan tepat halaman web, tab, text yang ada dalam form sebelumnya yang telah kita close. Dan proses download yang berlangsung. Sehingga dengan fitur ini kita tidak perlu kawatir kalau tiba-tiba browsing kita terputus dan download kita belum selesai, gunakan saja fasilitas "Session Restore" maka semua akan kembali seperti semula (sebelum browsing kita putus). Session Restore juga bisa kita set saat pertama kali Firefox 2 dijalankan.

4.Integrated Search
Firefox 2 membantu kita mencari apa yang kita inginkan. Dengan Search bar yang telah tersedia dengan search engine seperti Google, Yahoo!, Amazon, eBay, Answer.com, dan Creative Common kita tinggal mengetikkan keyword yang ingin kita cari dan menentukan search engine dari daftar yang telah disediakan. Kita juga bisa menambahkan search engine sendiri dari web fovorit kita.



5. Pop Up Blocker
Fitur lain yang telah disediakan di Firefox 2 adalah Pop-up BLocker. Dengan fitur ini iklan-iklan ataupun spam lewat pop up window bisa kita blocker. Kita juga bisa mengijinkan pop up dari mana saja yang boleh muncul. Firefox akan memberitahukan jika ada halaman pop up yang telah diblock lewat bar informasi di kanan bawah layar.

6. Aksesbilitas bagi orang yang memiliki kekurangan visual
Firefox memberikan pengalaman browsing yang lebih baik untuk semua orang termasuk orang-orang yang memiliki kekurangan penglihatan. Firefox mendukung akses DHTML. Bagi para Web Developer dapat membuta halaman yang mengurangi jumlah tabbing yang dibutuhkan untuk bernvaigasi bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan gerak. Firefox juga mendukung Microsoft Active Accessbility. Dengan dukungan ini memungkinkan bagi Firefox untuk bekerja dengan program pembaca layar seperti GW Micro's Window-Eyws and Freedom Scientific's JAWS.

7. Phising Protection
Dengan Phising Protection akan meningkatkan keamanan kita dalam browsing di Internet. Firefox akan memperingatkan kita jika menemui halaman web yang di curigai (suspected forgey) dengan tanda minus dalam lingkaran merah diakhir halama web yang kita ketikkan



8. Open Source dan Automte Update
Inti dari Firefox dikembangkan secara Open Source oleh seluruh developer berpengalaman dan ahli security di seluruh dunia. Firefox juga akan memberitahukan kita jika ada update baru secara otomatis.



9. Proteksi dari Spyware
Firefox 2 tidak akan mengijinkan Web site untuk mendownload, install, dan menjalankan program di komputer kita tanpa persetujuan dari kita. Dengan demikian kita dapat meminimalisir serangan spyware ke komputer kita.

10. Clear Private Data
Firefox menawarkan kemampuan untuk membersihkan data pribadi kita ketika kita telah selesai browsing dengan hanya mengklik "Clear Private Data" di Tool Menu.



11. Customize Browser secara Personal
Kita dapat mengcustomize Firefox 2 dengan ribuan add-on yang telah disediakan oleh Firefox Add-on Web site. Dengan Add-on yang telah kita tambahkan kita bisa menulis blog, mendapatkan berita terbaru, mendengarkan musik dll hanya lewat browser Firefox 2. Kita juga bisa mensetting theme dari browser Firefox

12. Web Feeds (RSS)
Kalau kita butuh headline berita terbaru, atau informasi yang paling up to date, Firefox 2 telah memberikan control terhadap Web Feeds yang akan kita pilih. Seperti, My Yahoo!, Bloglines atau Google Reader.

Nah, begitu banyak fitur yang tertanam di Firefox 2. Jadi, rugi banget kalau nggak mencobanya.
Dan satu lagi Browser ini Gratis! alias tidak perlu bayar.

Keyword:
download firefox, firefox 2 gratis, download gratis firefox 2